Kamis, 12 Januari 2012

Animasi Pada Ms PowerPoint 2007

Unduh Gambar Bergerak untuk presentasi PowerPoint:



Slide presentasi yang statis walaupun dibuat dengan PowerPoint tidak jauh berbeda dengan slide transparasi yang dipakai menggunakan OHP (overhead projector). MS PowerPoint memiliki banyak keunggulan untuk melakukan presentasi yang kreatif dan banyak kreasi yang bisa ditampilkan, salah satunya adalah animasi. Penggunaan efek animasi pada presentasi antara lain:
  • Presentasi menjadilebih menarik, interaktif, dan tidak monoton,
  • Membantu memperjelas isi presentasi,
  • Menarik perhatian audience.
MS PowerPoint tidak hanya dapat digunakan untuk presentasi oral saja, tetapi dengan banyak fasilitas yang dimilikinya PowerPoint dapat pula digunan untuk membuat presentasi tanpa perlu orasi pembicara. Animasi pada PowerPoint setidaknya ada tiga macam, yaitu: gambar animasi (animasi gif, flash, atau movie), custom animation, dan slide transition. Custom animation menyediakan fasilitas untuk memilih dan mengatur efek animasi sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan slide transition adalah animasi perpindahan antar slide. Pada PowerPoint 2003 tersedia menu Animation Scheme, tetapi menu ini tidak tersedia di PowerPoint 2007.


Baca
Bukuku di
Google Books

Tip Menggunakan Animasi

Sebelum menggunakan efek animasi pada slide Anda ada beberapa tip yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Jangan berlebihan. Penggunaan efek animasi yang berlebihan justru akan membingungkan audience dan mengaburkan isi presentasi.
  • Sesuaikan animasi dengan isi, tujuan, audience, dan tempat/lokasi presentasi.
  • Perhatikan waktu yang disediakan. Penambahan efek animasi akan menambah durasi setiap slide presentasi. Semakin banyak efek yang digunakan akan semakin banyak waktu yang diperlukan.
  • Apabila efek animasi dilakukan untuk presentasi oral, jangan banyak menambahkan efek sound. Efek sound cenderung memecah konsentrasi audiende antara suara pembicara dengan sound animasi.

Menu Animasi

Animasi pada PowerPoint 2007 terkumpul pada menu Animasi. Perhatikan gambar berikut ini:

Gambar 1. Menu animasi, custom animation, dan Custom Animation Task Pane. Perangkat untuk membuat efek animasi pada PowerPoint 2007.

Fasilitas Custom Animation

PowerPoint 2007 menyediakan tidak kurang dari 203 efek animasi yang dapat diatur propertinya. Fasilitas ini dapat digunakan untuk memberikan efek animasi pada objek (teks, shape, picture, chart, dan graphic). Tulisan ini akan lebih banyak membahas fasilitas ini. Penjelasan lebih mendetail tentang custom animation akan diberikan pada posting yang lain.

Slide Transition

PowerPoint 2007 menyediakan tidak kurang dari 59 efek slide transisi.

Gambar 2. Pilihan efek-efek transisi slide, tersedia tidak kurang dari 59 efek.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More